WELCOME IN MY ADVENTURE

WELCOME IN MY BLOG

Judul

Selasa, 07 Mei 2013

OBJEK WISATA SERDANG BEDAGAI

Potensi Pariwisata
Potensi utama dari Kabupaten Serdang Bedagai dalam bidang Pariwisata adalah letak geografisnya. Kabupaten Serdang Bedagai menawarkan pesona wisata bahari, wisata alam dan wisata budaya yang menakjubkan. Serdang Bedagai yang memiliki panjang pantai kurang lebih 95 Km ini, merupakan potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi objek wisata bahari. Dalam waktu dekat Wisata Agro akan juga di kembangkan hal ini dikarenakan Kabupaten Serdang Bedagai memiliki banyak perkebunan dan areal pertanian yang dapat dimanfaatkan menjadi wisata agro yang juga dapat dimanfaatkan menjadi wisata belajar (Ekowisata). Selain itu Pulau Berhala juga akan dipersiapkan menjadi marine tourism (wisata bahari). Hal ini ditandai dengan akan disetujuinya pengembangan objek wisata bahari di lokasi itu oleh investor. Hal ini diharapkan dapat menambah pemasukan PAD dari sektor Pariwisata. 
Sebagian dari lokasi objek wisata pantai didaerah ini dikelola secara sederhana, tetapi salah satu diantaranya telah dikembangkan secara profesional bekerjasama dengan investor Malaysia, yakni Kawasan Wisata Theme Park Pantai Cermin sebagai ikon Pariwisata di Sumatera Utara akan terus dikembangkan terlebih letaknya cukup strategis dan tidak terlalu jauh dari pusat kota Medan sebagai ibukota Propinsi Sumatera Utara. Untuk wisata alam, wilayahnya dilalui banyak sungai besar, sedang dan kecil yang berasal dari pegununan Bukit Barisan. Air gunung yang sejuk dan segar mengalir berliku-liku mengukir panorama alam yang indah dan mempesona menuju Selat Malaka. Kondisi ini menjadikan Serdang Bedagai memiliki beberapa obyek wisata pemandian alam yang telah dikelola sebagai tempat wisata. Sedangkan untuk wisata budaya, penduduknya yang terdiri dari berbagai jenis etnis yakni Melayu sebagai etnis asli serta Simalungun, Batak Toba, Jawa, Karo, Mandailing dan lain-lain sebagai etnis pandatang, memiliki beragam adat istiadat dan budaya yang layak dilestarikan. Kabupaten Serdang Bedagai memiliki satu pulau diantara 12 pulau terluar dari Indonesia yaitu Pulau Berhala yang letaknya 70 mil dari Belawan dan 21 mil dari Tanjung Beringin yang memiliki panorama pantai yang unik dan indah, keindahan terumbu karang, hutan tropis jenis flora dan fauna dan akan dikembangkan tempat wisata yagn berwawasan ramah lingkungan.
Potensi utama dari Kabupaten Serdang bedagai dalam bidang Pariwisata adalah letak geografisnya. Serdang Bedagai yang memiliki panjang pantai kurang lebih 95 Km ini, merupakan potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi objek wisata bahari. Hingga saat ini tercatat ada 7 (tujuh) lokasi objek wisata bahari yang terdapat di Kabupaten Serdang Bedagai yang telah memberikan pemasukan PAD Kabupaten Serdang Bedagai. Objek wisata itu adalah :
  • Pantai Mutiara 88, 43 km dari ibukota Propinsi dan 23 km dari ibukota Kabupaten. Pantai Mutiara 88 berada di Desa Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin sekitar 43 Km dari kota Medan. Objek wisata ini memiliki daya tarik tersendiri karena letaknya di areal hutan bakau (manggrove) di tepi pantai. Pengunjung objek wisata ini dapat melihat tempat berkembang biaknya ikan laut dan kepiting di dalam air diantara akar-akar phon bakau.
  • Pantai Gudang Garam, 43 km dari ibukota Propinsi dan 23 km dari ibukota Kabupaten. Pantai Gudang Garam juga terdapat di Desa Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin. Di Pantai Gudang Garam tersedia fasilitas penginapan (hotel) dilengkapi AC, Restoran Seafood, Karaoke/Musik dan Pondok – Pondok Santai serta beberapa kolam pancing yang cukup luas.
  • Pantai Pondok Permai, 43 km dari ibukota Propinsi dan 23 km dari ibukota Kabupaten. Terletak di pinggiran pantai Desa Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin, objek wisata Pondok Permai sudah sangat dikenal oleh masyarakat kota-kota besar di Sumatera Utara bahkan di Indonesia. Restorannya yang berada sangat dekat dengan bibir pantai mengundang minat pengunjung untuk sering dating ke objek wisata Pondok Permai ini. Di areal ± 10 Ha pada lokasi ini tersedia kolam pancing, sepeda air, pondok-pondok santai dan kuda tunggangan. Makanan khas ikan laut, kepiting, udang dan kerang (seafood) selalu tersedia disini, fasilitas lain tersedia hiburan / musik karaoke. Di lokasi objek wisata ini sangat cocok untuk bermain layang – layang dan volly pantai. Di objek wisata yang satu ini pengunjung paling banyak pada hari-hari weekend, terutama pada sore hari. Mungkin sudah menjadi sebuah life style di kalangan pengusaha di Medan yang datang ke objek wisata ini bukan untuk bertamasya tapi sekedar jalan-jalan sore. Sebahagian dari mereka mengunjungi pantai ini hanya untuk bersantai sambil menikmati hidangan dan berkaraoke ria dengan koleksi lagu-lagu lawas sampai lagu-lagu yang sedang hit saat ini.
  • Pantai Cermin Theme Park, 45 km dari ibukota Propinsi dan 25 km dari ibukota Kabupaten. Pantai Cermin Theme Park berada di Kecamatan Pantai Cermin (pantai Cermin dahulu). Objek wisata ini merupakan tujuan wisata yang telah dikemas dengan baik dan professional yang memiliki banyak fasilitas rekreasi seperti slide & polls, olah raga air (jetski, kayak dan banana boat), mini zoo (kebun binatang mini), bird park (taman burung), water castle (istana air), pet shop (toko hewan) dan restoran. Semua daerah / lokasi objek wisata diatas tersebar sepanjang garis pantai di Kabupaten Serdang Bedagai.
  • Pantai Kuala Putri, 48 km dari ibukota Propinsi dan 28 km dari ibukota Kabupaten. Pantai Kuala Putri terletak di Desa Kuala Lama Kecamatan Pantai Cermin, sekitar 48 Km dari Medan. Di objek wisata ini pengunjung dapat berbaur dan melihat kehidupan masyarakat nelayan. Disini terdapat restoran, seafood, pondok-pondok santai dan panggung hiburan serta kolam pancing.
  • Pantai Klang, 48 km dari ibukota Propinsi dan 28 km dari ibukota Kabupaten. Pantai Klang berada di Desa Nagalawan Kecamatan Perbaungan, yang berjarak ± 48 Km dari kota Medan. Udara sejuk dan segar sangat terasa ketika memasuki lokasi objek wisata Pantai Klang. Di bawah pepohonan rindang pengunjung dapat bersantai sambil menikmati aneka makanan laut (seafood) lezat yang banyak dijual di sekitar pantai. Hamparan pasir putih di objek wisata ini sangat cocok dimanfaatkan sebagai arena bermain bola volley pantai maupun olahraga lainnya. Disini terdapat panggung terbuka dan pondok-pondok santai yang sering dipakai pengunjung sebagai tempat arisan dan tempat bersantai keluarga. Sekitar 75 meter dari bibir pantai, pengunjung dapat menjumpai sumur tua yang bernama “Sumur Pandan”. Walaupun terletak tidak jauh dari bibir pantai tetapi airnya tetap tawar. Sebagian besar pengunjung percaya bahwa air sumur ini berkhasiat sebagai obat awet muda dan enteng jodoh.
  • Pantai Sialang Buah, Pantai Sialang Buah terletak di Desa Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu, berjarak ± 60 Km dari kota Medan atau ± 48 Km dari Sei Rampah (Ibukota Kab. Serdang Bedagai) melewati rute Medan – Tebing Tinggi. Selain sebagai tempat rekreasi keluarga, Pantai Sialang Buah juga dikenal dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Oleh karena itu, banyak pengunjung yang dating kesini bukan hanya sekedar meinkmati pemandangan alamnya yang menawan, tapi juga membeli ikan-ikan laut segar. Di pinggir pantai terdapat pondok-pondok santai dan warung makanan. Juga tersedia tempat penyewaan ban (pelampung) bagi pengunjung yang ingin berenag di pantai. Semilir angin yang sejuk membuat pengunjung betah bersantai disini. Objek wisata ini ramai dikunjungi oleh wisatawan local maupun domestik pada hari libur. Pengunjung dapat membeli kerang yang banyak dijual dipinggir pantai, sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.
Selain objek wisata diatas yang telah dikembangkan dan memberikan PAD bagi Kabupaten Serdang Bedagai, masih terdapat beberapa lokasi di sepanjang garis pantai itu yang masih berpotensi untuk dikembangkan seperti :
  • Pantai Citra Wangi, 47 km dari Medan (jalur P.Cermin menelusuri pantai)
  • Pantai Sri Mersing, 48 km dari Medan (jalur P.Cermin menelusuri pantai)
  • Pantai Matik-matik, 53 km dari Medan (jalur P.Cermin menelusuri pantai)
  • Pantai Nipah Indah, 55 km dari Medan (jalur P.Cermin menelusuri pantai)
  • Pantai Sentang, 61 km dari ibukota Propinsi dan 48 km dari ibukota Kabupaten. Desa Sentang, Kecamatan Teluk Mengkudu.
  • Pantai Merdeka Indah, 65 km dari ibukota Propinsi dan 48 km dari ibukota Kabupaten. Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin.
  • Pantai Budi, 65 km dari ibukota Propinsi dan 48 km dari ibukota Kabupaten. Desa Bogak Besar, Kecamatan Teluk Mengkudu.
Ke enam objek wisata ini berpotensi besar untuk dikembangkan menjadi objek wisata bahari. Selain berdekatan jalan penghubung antara objek di atas memiliki aksesibilitas yang baik dengan jalur transportasi jalan kelas III B yang dikenal dengan jalur menelusuri pantai.
Selain keenam objek wisata tersebut di atas yang akan di kembangkan Kabupaten Serdang Bedagai juga memiliki sebuah pulau yang bernama Pulau Berhala. Pulau Berhala juga akan dipersiapkan menjadi marine tourisme ( wisata bahari ). Pulau Berhala memiliki trumbu karang yang masih bagus dan terdapat banyak jenis ikan yang hidup di perairan dangkal. Daratan yang memiliki luas 5 hektare ini berada di selat malaka yang dekat dengan perbatasan  Negara Malaysia. Sehingga jika dikembangkan objek wisata ini akan menarik wisatawan dari Malaysia maupun Singapura.
Selain itu di Kabupaten Serdang Bedagai ini juga terdapat beberapa lokasi perkebunan, pertanian dan peternakan. Perkebunan yang masih dikelola oleh beberapa pemodal baik asing maupun BUMN sangat cocok untuk dikembangkan lebih lanjut. Oleh sebab itu sangat besar untuk dikembangkan menjadi objek wisata agro ataupun eko wisata.
Selain pemanfaatan garis pantai dan agro bisnis di Kabupaten Serdang Bedagai terdapat juga beberapa objek wisata yang memanfaatkan aliran sungai seperti Pemandian Alam Ancol, Pemandian Alam Batu Nongol dan Sampuran Widuri yang sedang dikembangkan. Adapun objek wisata tersebut adalah sebagai berikut:
  • Pemandian Alam Ancol, Objek wisata Ancol berada pada suatu alur sungai yakni sungai Hulistik atau Sungai Bah Bolon yang mengalir dari pegunungan di Kabupaten Simalungun melintasi wilayah Kabupaten Serdang Bedagai. Objek wisata ini dapat dicapai dengan kenderaan/ transportasi darat berjarak tempuh ± 100 Km dari Kota Medan atau ± 40 Km dari Sei Rampah ( Ibukota Kabupaten Serdang Bedagai ) melewati rute Medan – Pematang Siantar. Jalan menuju lokasi objek wisata Pemandian Alam Ancol cukup baik. Lokasi objek wisata Ancol dapat ditempuh melalui Kota Tebing Tinggi ke arah Perkebunan Gunung Pamela atau dari Simpang Bajalingge Kebun Gunung Para. Transportasi yang dapat digunakan adalah mobil pribadi, sepeda motor atau angkutan penumpang umum. Air sungai di Pemandian Alam Ancol sangat sejuk dan menyegarkan sehingga pengunjung ingin lebih lama berenang dan berendam di sungai. Selain itu pengunjung juga dapat mengarungi sungai sepanjang 1 Km dengan menggunakan ban pelampung, layaknya arung jeram petualangan ini sangat mengasyikan. Setelah letih mandi dan berenang pengunjung dapat langsung menikmati makanan di pinggir sungai tentu saja dengan menjaga kebersihan.
  • Pemandian Alam Batu Nongol, 100 km dari ibukota Propinsi dan 48 km dari ibukota Kabupaten. Pemandian ini juga terdapat di Desa Buluh Duri Kec. Sipispis tepat di bawah aliran sungai Pemandian Ancol. Dan aksesibilitas ke objek wisata ini sama dengan akses ke Objek Wisata Pemandian Alam Ancol. Berbeda dengan Pemandian Alam Ancol yang masih alami, objek wisata ini sudah memiliki bangunan – bangunan permanen yang sengaja dibangun untuk mendukung pariwisata objek ini. Pondok – pondok santai, gelanggang permainan dan restoran tersedia bagi pengunjung. Jalan setapak di pinggir areal perkebunan di sepanjang tepi sungai membuat pengunjung betah berekreasi sambil menikmati udara segar dan menyaksikan aneka jenis burung yang bebas berkeliaran di sekitar pepohonan. Di objek wisata Batu Nongol ini menyajikan makanan menarik “Ikan Cen-cen” sejenis ikan air tawar yang hidup di sungai berarus deras dan berbatu-batu. Ikan Cen-cen ini sangat enak dan gurih rasanya. Selain bermain air, pengunjung juga dapat menikmati pemandanagan aliran sungai Batu Nongol diatas Biang Lala.
  • Air Terjun Sampuran Widuri, Selain Ancol dan Batu Nongol saat ini sedang dikembangkan Air Terjun Sampuran Widuri. Objek wisata ini berada di Kecamatan Dolok Merawan sekitar 100 Km dari Medan dan 48 Km dari Sei Rampah. Objek wisata ini memiliki tiga air terjun yang tinggi salah satunya mencapai 24 meter. Dari segi potensi masih banyak aliran sungai yang masih bisa digunakan untuk dijadikan objek wisata pemandian seperti aliran Sungai Buaya, Sungai Bahbolon dan aliran sungai lainnya yang memiliki aliran sungai yang cukup deras. Selain dari objek wisata potensi yang juga besar ada pada retribusi izin usaha rumah makan, bar dan restoran yang dikelola oleh bidang pariwisata. Pertumbuhan usaha ini sejalan dengan pertumbuhan makro ekonomi Kabupaten Serdang Bedagai yang ditandai pembangunan sarana transportasi seperti jalan dan jembatan.
Selain dari objek wisata potensi yang juga besar ada pada retribusi izin usaha rumah makan, bar dan restoran yang dikelola oleh bidang pariwisata. Pertumbuhan usaha ini sejalan dengan pertumbuhan makro ekonomi Kabupaten Serdang Bedagai. Untuk mengenal lebih detail tentang pariwisata di Kabupaten Serdang Bedagai silakan klik content ’lokasi pariwisata’.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA(THANK'S FOR YOUR VISIT)